Pages

Juni 13, 2011

Jika Ada yang Bertanya Arti Rindu Padaku

Jika ada yang bertanya apa arti rindu padaku, mari kita baca surat ini. Ditulis pada tanggal 04 Mei 1995 oleh gadis kecil 14 tahun, satu tahun setelah kematian ayahanda tercinta:

Papa-koe. Hitam orangnya, rata-rata laki-laki Indonesia tingginya dan agak gendut perutnya. Wajah khas Sumatera Utara dengan kelembutan priyayi khas orang Jawa. Fasih beberapa bahasa dan aku mengidolakannya. Nomer satu di dunia. Tiada gantinya.

Papa-koe, aku sayang padanya tanpa mengerti mengapa? Mungkin karena dia Papa-ku. Kan tidak perlu alasan jelas untuk sayang pada seseorang, iya kan?

Papa…papa…papa…..dalam memoriku di adalah laki-laki sempurna.Memang tidak ganteng kaya Tom Cruise, tidak keren kaya James Bond atau jago silat kaya Jet Li. Tapi Papa-koe baik sekali. Suka membantu tetangga. Memberi les bahasa Inggris gratis pada anak-anak sekitar rumah dan memperbolehkanku makan es krim yang enak tanpa setahu Mama. Aku sayang Papa-koe.

Papa-koe juga pintar sekali. Buktinya kakak-koe pintar, adik-koe pintar dan aku juga sedikit pintar ...hehehehehehehehe. Aku bangga jadi anak Papa-koe. Aku ingin bersama Papa-koe selamanya.

Tapi…………………………………………………………………..

Tuhan lebih sayang pada Papa-ku daripada aku sayang padanya. Tuhan berkata bahwa dia akan membawa Papa pergi jauh dari kami. Bukan untuk memisahkan kami sekeluarga. Tapi memberikan ujian pada kami sejauh mana kami sayang padanya. Sejauhmana kami akan rindu jika tidak bertemu dengannya.

Jadi Tuhan mengajaknya pergi ketempat yang lebih indah dari tempat manapun di dunia. Sebenarnya aku ingin ikut karena aku selalu ingin pergi bersama Papa-koe tapi aku juga ingin seperti dia. Mimpiku kan belum terkejar jadi aku mau sekolah dulu biar bisa seperti Papa. Bisa 3 bahasa, bisa main tenis, bisa berenang, bisa pergi ke luar negeri dan membantu tetangga belajar bahasa.

Dia pergi ketika aku beranjak dewasa. Jauh sekali ke langit sana, tempat para dewa-dewa mengadakan pesta. Kadang aku bisa melihatnya, ketika pelangi muncul dari balik hujan rintik-rintik di pagi hari tatkala aku sedang berdoa pada Tuhan. Aku ingin sekali mengatakan berbagi macam hal yang dia lewatkan ketika aku beranjak dewasa tapi mulutku kelu dan aku menangis tersedu……mungkin aku terlalu rindu.

Papa-koe, apa kabarnya? Apa dia melihatku dari negeri dewa-dewa? Apa dia tahu aku punya idola? Apa dia tahu aku rindu padanya? Aku hanya bisa bertanya, dan biasanya terlelap dalam mimpi yang indah sesudahnya.

Tuhan Yang Maha Kuasa, pemilik alam semesta, jadikan Papa-koe bahagia. Mohonkan maaf segala kekhilafannya. Terima segala kebaikannya karena dia memang baik. Jaga dia ya, Tuhan? Jaga kami juga karena kami sedih ditinggalkannya. Tapi aku tahu aku rela karena Papa akan bahagia bersama-Mu.

Tuhan, maafkan aku juga ya? Aku pernah marah, pernah tidak percaya pada-Mu karena aku tak mengerti jalan pikir-Mu. Aku kan masih anak kecil, jadi jangan tambah dosaku ya? Jadikan aku anak yang baik. Jagalah Mama-koe, Kakak-koe, Adik-koe dan seluruh keluarga-koe.

Tuhan, Aku sayang pada-Mu. Terima kasih memberikan pelajaran tentang kerinduan.

Papa….aku juga sayang padamu. Terima kasih telah menjadi Papa-Koe….Semoga suatu hari nanti kita bisa berkumpul lagi. Semoga. Aku akan terus berdoa…….

 Jika ada yang bertanya arti rindu padaku...ya, merekalah jawabannya: penulis surat itu dan siapa yang ditulisnya. Adikku dan Papaku yang terlebih dulu menghadap-Nya. Tanda cinta-Nya untuk kami. Seperti kata Mimi; bukan untuk memisahkan kami sekeluarga...semata-mata agar kami tak lelah dan tak berhenti berharap kepada-Nya agar kelak dipertemukan dan berkumpul dalam surga abadi-Nya. Amiin...

16 komentar:

Variani's mengatakan...

Aamiiin... Semoga anak2 sholeh dan sholehah papa bisa mengantarkan papa ke syurga... Mba aku jadi rajin buka blog kamu lho mba...

danan tri yulianto mengatakan...

wuihh update dia....ayahku, ayah nomer satu....

gloriaputri mengatakan...

jadi kangen papa (lagi)
betewe, gadis kecil 14 tahun itu km?
ini cerita real?km jg uda ditinggal papa?

rona-nauli mengatakan...

gpp, Glo. kangen kan tanda cinta. asal jangan merana ya :D

gadis 14 tahun itu adikku, Mimi. dia sudah menyusul papa oktober tahun lalu.

dan iya, ini cerita real :)

Enno mengatakan...

alm adik kamu ternyata pandai menulis juga ya...

tulisan yg menyentuh smp bikin aku sukses berlinang airmata... jd inget alm ibuku....

semoga papa kamu dan adikmu mendpt tempat terbaik di sisi Allah ya...

amin :)

rona-nauli mengatakan...

@Vani: terima kasih doanya, Ceu. ayo nulis juga. pasti banyak bahan tuh secara di sdm suka stress kan hehehe

@Danan: yoi, Nan...papa nomor satu di dunia ;;)

@Enno: Amiin. makasih doanya, No... pagi2 dah bikin kamu nangis ya. udah sembuh belum flu-nya? semoga cepat sembuh ya :)

oh ya, kami tiga bersaudara ini kutu buku semua. si bungsu yang cowok punya diari juga kayaknya hehehe...

gloriaputri mengatakan...

wah...mereka (papamu dan adikmu) pasti sudah senang ya disana :) sama spt papa ku :)

#tarik_trus_buang_napas

semangat ya kak ( sptnya aq harus panggil km kak deh)

Have a nice day

rona-nauli mengatakan...

panggil nama aja gpp, Glo. kedua adikku kalo manggil aku pakai nama juga :D

have a nice day too :)

May mengatakan...

sukses nangis... :((
langsung 'berkaca' betapa yang kita berikan kepada kedua orang tua tidak pernah bisa bahkan menyamai apa yang kita terima dari mereka, jadi kangen pengen mudik :((
semoga papa dan Mimi mendapat tempat yang baik di sisi Allah SWT, amin :)
keep writing ya Neng :*

maya mengatakan...

hey, tulisan km bagus loh.
terharu juga bacanya. ditinggal 'pergi' org yg disayangi memang berat ya. tp, kurasa km sudah berikan yg terbaik utk mereka, begitu jg mereka.
keep spirit :)

rona-nauli mengatakan...

wah, ada ada dua maya di sini :D

@May: Amiin, thanks doanya neng. Ini semalam utak atik lapie Mimi trus nemu tulisan itu. Diupload deh :)... Ayo nulis lagi. Kangen aku...

@maya: terima kasih. tulisanmu juga bagus. aku suka membacanya juga walau diam-diam saja :D.

kriww mengatakan...

hiks... hatiku selalu teraduk2 kalau baca yg seperti ini... semoga papa rona dikasih tempat terbaik ya... amiiinn...


thanks ya rona udah main ke blog-ku... aku baru aja mulai blogging lagi, belum banyak teman... salam kenal ya... blognya bikin betah deh :)

rona-nauli mengatakan...

amiin, thanks doanya ya :)

kita berteman saja kalo gitu. iya nih, aku niat nulisnya juga masih byar pet (kata Enno :D). kita berteman saja kalo gitu. betah? tampilannya biasa aja...secara gaptek hehehe..

lely_gesta mengatakan...

hikssss...miss her so much >,<
*sukses bikin berkaca2 dan kangen berat sm mba mimi*
smoga papa nya tante dan mba mimi tersayang mendapat tempat terbaik di sisi Nya, amin....

rona-nauli mengatakan...

Amiin....ayo ke JJF 2012! Apa coba :D

lely_gesta mengatakan...

hayuuukkk...smoga bs meracuni suamiku utk ikut pergi hehe...

Half Purple and Blue Butterfly