Pages

September 23, 2011

Selepas Subuh Hari Ini

Selepas subuh hari ini, pikiran saya melayang kemana-mana. Dipicu sesuatu hal sedih yang menimpa kawan. Hal yang tak ingin saya jadikan beban, tapi alam bawah sadar sudah terlanjur merekam. Mungkin karena saya mencoba mendudukkan diri pada posisinya, untuk mengerti rasa menelan pil pahit yang tak diinginkan. Dan ingatan memanggil beberapa kisah yang hampir senada: kisah saya dan beberapa kawan lain. Kisah hati yang meminta keadilan karena tersakiti, yang berujung tanya mengapa terjadi pada kami. Alih-alih bertanya mengapa bisa terjadi, saya malah bertanya-tanya mengapa semua kisah itu terjadi setelah masing-masing melewati satu titik balik dalam hidup yang intinya adalah mencoba berjalan lurus, kembali pada-Nya.

Satu bagian surah yang tak teringat jelas, melintas-lintas di kepala: tentang ujian bagi mereka yang berikrar, mereka yang bertaubat, mereka yang mengaku beriman. Segera saja saya melipat sajadah dan menyalakan laptop, meminta mbah Google mencari yang diinginkan. Beberapa link, beberapa artikel, beberapa kajian sebelum saya termenung-menung. Dan pagi ini, saya memulai hari dengan mencamkan baik-baik isi serangkaian angka ini = 29: 2-3; 2: 216; 31: 34.
...
"Adakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan saja oleh Allah untuk menyatakan  "aamannaa" (kami telah beriman) padahal kami belum lagi memberikan ujian kepada mereka. Sungguh telah kami uji ummat sebelum mereka, dengan ujian itu jelaslah oleh kami siapa yang benar pengakuan keimanannya dan siapa pula yang dusta" (QS 29:2-3)

"Boleh jadi kamu sangat tidak menyukai peristiwa yang menimpa diri kamu, padahal itu sangat baik sekali bagimu. Boleh jadi sesuatu itu yang sangat kamu sukai, padahal sesuatu itu yang sangat tidak baik bagi kamu. Hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui, kalian tidak tahu apa-apa" (QS 2:216).

"Tidak ada satu jiwa pun yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi besok" (QS 31:34).
 ...
Saya tak tahu apakah cara berpikir saya benar, apakah konteks permasalahan selaras dengan angka-angka itu. Saya hanya ingin berbagi saja. Hanya ingin meringankan beban. Ambil manfaatnya, maafkan jika didalamnya ada kesalahan, ingatkan jika ada yang tak benar. Saya yang terbatas ilmu pengetahuan ini, yang masih harus banyak belajar dari sekolah kehidupan ini, ingin lulus dengan gemilang bersama teman-teman.

15 komentar:

May mengatakan...

Al Qur'an dan Hadits menag jawaban segala pertanyaan, bahkan pada suatu riwayat pernah disebutkan, pernah ada yang bertanya mengapa ayat-ayat itu terus diulang-ulang, jawabannya adalah supaya kita benar-benar mengerti dan tidak mengingkari, CMIIW..
Aku suka tukisan ini, sangat inspiratif :)

Nurhikmah Nani mengatakan...

Waaaaaaaa....mba ronaaa...dalem banget, begitu menyentuh.. :D jadi keingetan diri sendiri yang suka mengeluh, (atau jangan2 ada gw nya juga yaa...hehehe)baru dikasih ujian dikit aja dah "ya allah ko' gini yaa.." Maafkan saya ya allah... *Astagfirullahaladzim..*

maya mengatakan...

soal tulus, beriman, dan sayang itu memang sebaiknya nggak usah diumbar ya tp dinyatakan lewat sikap.

msh byklah pertanyaan di hidup ini ron, tp plg tdk kita tdk berhenti belajar dan menyikapinya ;)

rona-nauli mengatakan...

@May: cmiiw juga hehehe. ah rindu aku, tunggu awal bulan depan ya cintahhh :D

@nani: banyak2 nyebut, dosamu ke aku banyak sekali :)). apa coba :p

@maya: semoga tak lelah ya :). jadi keinget "eling lan waspodo". bahasa bataknya apa tuh ya? hehehe

kriww mengatakan...

:)

semangat ya rona :)

maya mengatakan...

ingot ma jala waspada.
nah ntu versi bataknya, hihihii

rona-nauli mengatakan...

@kriww: oh, pastinya ;;). you too ya :D

@maya: wah, thank u. tapi ga ngerti logatnya. ntar, tanya ke temen kantor aja :p

Wuri SweetY mengatakan...

QS 2:216 bener2 ayat yang membuat hatiku rada adem mbak, aku yakin apa yg terjadi padaku adalah yg terbaik untukku.

uchank mengatakan...

cuma bisa bilang semangat yak :)

tulisannya sangat bagus :)

Asop mengatakan...

Sesuai dengan ayat 216 surat Al-Baqarah, belum tentu apa yang kita inginkan adalah yang kita butuhkan. Begitu pula sebaliknya. Allah Mahatahu. :)

Nabila's mengatakan...

semangat mbaak!!!
\^^/

ROe Salampessy mengatakan...

cuma mau bilang... "keep spirit neng"

insyaAllah, Allah bersamamu. :)

rona-nauli mengatakan...

@Wuri: Alhamdulillah...keep positive thinking n pandai bersyukur...*peluk*

@Asop: Alhamdulillah...seneng rasanya kalo sepemikiran gini ^^

@Uchank, Nabila & Roe: iya! semangat juga semuanya ya. terima kasih supportnya....*peluk nabila ajah hehehe* :p

Ceria Mawardi mengatakan...

saling mengingatkan memang sangat dibutuhkan ya :) salam kenal..

rona-nauli mengatakan...

betul sekali :)
salam kenal juga ya...

Half Purple and Blue Butterfly